Rabu, 15 Oktober 2014

ANALISIS KEBIJAKAN PERTANIAN DI SUATU DAERAH

Analisis Lahan Pertanian Di Daerah Lampung

Lampung adalah salah satu provinsi di indonesia yang mempunyai banyak lahan pertanian,oleh karena itu pertanian termasuk salah satu mata pencaharian di daerah lampung,terutama di daerah-daerah desa hampir semua penduduknya adalah petani,tetapi dari tahun ketahun lahan pertanian di lampung semakin berkurang,hal tersebut terjadi karena harga-harga hasil pertanian yang semakin menurun sedangkan kebutuhan masyarakat semakin banyak,sehingga banyak petani yang hidupnya tidak berkecukupan,hal tersebut menyebabkan banyaknya masyarakat memanfaatkan lahan pertanian untuk hal lain yang menurut mereka lebih menguntungkan,kemudian penggunaan pupuk yang banyak mengandung zat kimia,menurut mereka dengan menggunakan pupuk tersebut akan mempercepat proses panen,padahal hal itu sangat merugikan karena tanah yang sudah terkena pupuk kimia semakin lama akan rusak dan tidak subur lagi,sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi.
 didaerah kota sendiri khususnya kota bandar lampung,sangat sulit sekali  untuk menemukan lahan yang cocok untuk pertanian,ataupun  lahan kosong yang bisa ditanami pohon,banyaknya lahan pertanian yang di gunakan untuk membuat bangunan yang menurut mereka lebih menguntungkan dan menjamin terpenuhinya kebutuhan mereka,padahal hal tersebut dapat berdampak buruk dan sangat merugikan banyak orang,terjadinya pemanasan global,dan akan terjadinya kekeringan air di wilayah tersebut.
 bahkan banyaknya lahan sawah yang sengaja di timbun dan dibangun perumahan-perumahan.lahan pertanian semakin tahun semakin berkurang dan bahkan bisa saja hilang jika kita sebagai masyarakat tidak memanfaatkan lahan pertanian dengan baik,hal tersebut bisa dilakukan jika harga-harga hasil pertanian sesuai dengan kebutuhan,dan menghindari penggunaan pupuk kimia.
 banyak juga masyarakat desa yang tidak memanfaatkan lahan pertanian tetapi beralih kepekerjaan lain karenaa mereka belum tau cara memanfaatkan secara baik,oleh karena itu pentingnnya untuk diadakan penyuluhan di desa-desa tentang pentingnya mempertahankan lahan pertanian dan cara pemanfaatannya secara modern,kemudian memberi tahu dampak-dampak yang terjadi jika lahan pertanian itu hilang.


7 komentar:

  1. Postingan yang anda kirim cukup baik, cukup memberikan informasi kepada masyarakat tentang adanya kebijakan pemerintah di kota bandar lampung. namun dalam cara penulisan tersebut kurang rapih dan menarik. mungkin bagi sebagian pembaca ketika membaca informasi yang anda posting tidak membacanya sampai selesai :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kharisma, menurut saya analisis anda sudah cukup baik. Namun masih ada yang kurang, disitu tidak disertai saran untuk pemerintah setempat agar bisa menangani permasalahan tersebut . Dan akan lebih menarik jika diselipkan gambar pada postingan anda ini

    BalasHapus
  4. begitu menarik informasi agan sangat membatu saya menambah wawasan tentang indonesia. terimakasih gan informasinya

    BalasHapus
  5. hay kharisma...
    Di judul nya adalah analisis kebijakan pertanian di suatu daerah, isi di dalam artikel sudah bagus akan tetapi terlalu sedikit dan kurang memberikan informasi yang banyak akan kebijakan pemerintah di daerah Lampung tersebut. Mungkin kharisma bisa menambahkan apa saja kebijakan pemerintah yang harus dilakukan agar sedikit banyak menambah penyelesaian untuk permasalahan yang ada di daerah Lampung tersebut terutama di bidang pertanian. Artikel ini akan lebih bagus jika Kharisma bisa menambahkan gambar-gambar bagaimana keadaan lahan yang ada di tanah Lampung sehingga blog akan lebih menarik untuk dibaca.terimakasih :) tetap semangaaat kakak \m/

    BalasHapus
  6. dalam postingan anda masih banyak kukurangan yang belum anda jelaskan,seharusnya salah satu dari suatu kebijakan yang dapat membangun dan mengembalikan pertanian di daerah lampung juga dapat anda jelaskan dalam hal ini. serta menjelaskan suatu pemupukan yg baik untuk dapat meningkatkan hasil pertanian dalam daerah tersebut!!!!!

    BalasHapus
  7. cerita anda sangat menyentuh hati saya, sangat membuat berlinang air mata

    BalasHapus